Pengertian Serta Cara Membuat Blog (Blogger dan Wordpress)


Pengertian Serta Cara Membuat Blog

Mangaip.eu.org - Ketahui tidak saat ini banyak sekali media yang dapat kalian pakai buat mengekspresikan diri. Jika sosmed serta vlog nyatanya sobat sudah ketahui dong. Nah, kali ini saya mau berbagi tentang media yang pula tidak kalah menarik, ialah blog. 

Bagaikan data, di perkuliahan kerap kali blog dijadikan bagaikan media buat mengerjakan tugas kuliah loh. Jadi, tidak terdapat salahnya nih sobat yang dikala ini lagi mempersiapkan diri buat kuliah tau dahulu gimana cara membuat blog. Ayo ikuti informasi secara lengkapnya tentang blog dibawah ini.

Apa sih Blog itu?

Saat sebelum melangkah lebih jauh tentang gimana cara membuat blog, bisa jadi terdapat beberapa orang yang belum ketahui sesungguhnya apa blog itu. Nah, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring yang dikeluarkan oleh Kemdikbud, ini merupakan pengertian dari blog:

“ Catatan setiap hari ataupun harian individu di internet web yang bisa diakses oleh siapa saja” 
Dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan kalau blog merupakan salah satu tipe website catatan ataupun harian yang dapat diakses oleh siapa saja di internet/web. Pada biasanya, blog berisi tulisan ataupun postingan yang ditulis oleh owner blog dengan topik tertentu.

Topik tersebut dapat berbentuk perihal individu semacam pengalaman jalan- jalan ataupun perihal yang berguna buat disebarkan ke orang lain semacam bimbingan serta tipsideassuggestions. Nah, jika tulisan di blog kalian lumayan menarik serta berguna, tulisan kalian dapat jadi timbul di hasil pencarian Google sehingga hendak banyak orang yang membacanya. Menarik bukan? Dapat jadi tambah eksis deh kalian di internetweb. 

Manfaat Mempunyai Blog Individu

Dengan mempunyai blog individu, tidak hanya dapat eksis di internet/web, nyatanya pula banyak memberikan manfaat yang lain loh. Apalagi blog dapat jadi sumber pemasukan kalian bila kalian betul- betul menekuninya. Berikut ini merupakan sebagian khasiat bila kalian mempunyai blog individu:

1. Melatih Kemampuan Menulis

Untuk sobat yang hobi menulis, blog merupakan media yang pas buat meningkatkan hobi menulis. Owner serta penulis blog disebut blogger serta buat jadi blogger yang baik, sobat wajib giat meng- update blog dengan tulisan terbaik sehingga keahlian menulis juga lambat laun akan terus menjadi terasah. Kalian dapat menulis apapun di blog individu sepanjang tidak melanggar peraturan yang berlaku. 

Pada sebagian platform, sobat apalagi dapat memperoleh pendapat dari pembaca, sehingga kalian dapat mengukur keahlian dalam menulis apakah telah baik ataupun terdapat yang butuh diperbaiki.

2. Mempunyai Portofolio Keren di Internet 

Keren banget kan jika kala seorang mencari suatu di Google terus terdapat blog kalian yang timbul. Terlebih jika blog sobat memanglah isinya berguna, tambah dah tuh pahala kebaikan. Pada blog yang terbuat, dapat meningkatkan kemampuan, catatan prestasi yang telah sempat dicapai dan portfolio yang lain sehingga pembaca blog dapat memahami profil kalian lebih lanjut. 

Ssst! Bongkar rahasia nih, era saat ini kala ingin melamar pekerjaan, acapkali pihak perekrut pula menyelidiki calon pelamar melalui onlineon- line, kala mereka mencari nama kalian serta timbul blog kalian dengan segudang portofolionya, nyatanya akan terus menjadi menolong sobat dong buat dapat lolos nantinya dalam proses rekrutmen.

3. Memperoleh Penghasilan Tambahan Dari Blog

Tidak hanya video YouTube loh yang dapat menghasilkan duit melalui iklan. Blog kalian apabila memenuhi jumlah pembaca tertentu pula dapat buat jadi sumber pemasukan dengan menjajaki program iklan. Tidak hanya itu, banyak pula brand model ternama yang hendak menawarkan endorse apabila kalian ingin mereview produk mereka? Menarik kan. 

Bagaimana Cara Membuat Blog? 

Nah, saat ini sobat telah ketahui kan apa blog itu serta apa saja manfaatnya. Saat ini ayo, kita mulai buat blog. Bagaikan pendatang baru, sobat dapat membuat blog dengan menggunakan platform free semacam Blogspot ataupun WordPress. Berikut langkah- langkahnya tiap- tiap: 

1. Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot

Blogspot merupakan platform blogging yang terkenal yang dipunyai oleh Google. Untuk membuat blog dengan memakai Blogspot, yakinkan tadinya kalian telah mempunyai account Google. Setelah mempunyai account Google, sobat dapat menjajaki langkah- langkah berikut ini: 

1. Buka https://www.blogger.com/ serta klik CREATE YOUR BLOG. 
CREATE YOUR BLOG

2. Setelah Log In memakai account Google yang kalian memiliki. 
3. Berikutnya sobat tinggal mengisi nama blog, URL blog serta pula memilah template desain buat blog kalian nantinya. Buat alamat( address), yakinkan belum sempat dipakai oleh orang lain ya. Sehabis seluruhnya berakhir, kalian dapat klik Create Blog.
mengisi nama blog

4. Hingga sesi ini, blog kalian telah sukses terbuat dengan alamat URL yang telah dipilih tadinya. Misalnya: catatanharianterbaikku.blogspot.com. Bila sobat menginginkan domainarea tanpa embel- embel blogspot, sobat wajib menyiapkan uang untuk buat membeli domain, tetapi bila dirasa belum butuh, kalian dapat melewati saja langkah berikut dengan klik Nomor, thanks.
Alamat url blogger

5. Buat membuat Posting untuk Pertama kali, Sobat tinggal klik New Post.
Membuat Postingan Di Blogger

6. Berikutnya, tinggal diisi deh Judul Posting serta Isinya, kemudian klik Publish. 
Publish Postingan Blogger

7. Buat melihat blog serta posting yang telah sobat buat, silahkan dengan membuka alamat yang telah dipilih. Misalnya: catatanharianterbaikku. blogspot. com.
Melihat postingan blogger


 2. Cara Membuat Blog Memakai WordPress

Tidak hanya Blogspot, kalian pula dapat membuat blog dengan platform WordPress. Asal ketahui aja nih sob, WordPress merupakan platform terpopuler di dunia buat membuat suatu website/blog. Ayo langsung saja amati langkah- langkah cara membuat blog dengan WordPress. 
1. Buka https://www.wordpress.com/ serta klik Start your Website. 
Cara Membuat Blog Memakai WordPress

2. Berikutnya, kalian wajib melaksanakan registrasi. Supaya lebih gampang, bila sobat telah mempunyai account Google tadinya dapat Sign In memakai account Google dengan klik Continue with Google.
Cara Mendaftar di wordpress

3. Nah, bila telah menuntaskan proses registrasi, berikutnya buat membuat Blog, sobat dapat memilah jenis website blog pada halaman berikut.
membuat blog di wordpress

4. Setelah itu pilih topik blog yang mau sobat buat, misalnya Education
Cara Memilih Topik Blog Di Wordpress

5. Masukkan nama blog yang kalian mau.
Membuat nama blog di wordpress

6. Nah, sesi berikutnya, sobat wajib memilah alamat URL blog yang mau digunakan. Agar tidak dikenakan bayaran, kalian dapat memilah alamat yang bertandakan Gratis setelah itu tinggal klik tombol Select.
membuat blog gratis di wordpress

 7. Supaya kalian tidak dikenakan bayaran, kalian dapat klik Start with a free site.
membuat blog gratis di wordpress

8. Kalian telah dapat menulis postingan pertama kalian saat ini. Untuk membuat serta mempublikasikan postingan, kalian dapat klik Write di pojok kanan atas.
Membuat postingan pertama di wordpress

 9. Nah, di mari sobat bisa menulis judul serta isi postingan yang mau diterbitkan, bila telah, tinggal klik tombol Publish deh!
Cara publish artikel di wordpress


 10. Berakhir pula nih proses pembuatan blog sampai menulis postingan awal di WordPress. Jangan lupa klik Launch Site supaya blog sobat dapat diakses oleh orang lain. 
Contoh blog wordpress

Nah, seperti itu cara membuat blog simpel. Gampang bukan? Ayo buat blog kalian saat ini supaya dapat kian kece serta eksis di internetweb. Sumber [quipper.com].
LihatTutupKomentar